Hidup Sehat

Informasi Sekitar Cara Hidup Sehat

Olahraga Teratur

Apakah anda ingin tampil lebih menarik, badan yang bugar atau ingin hidup lebih sehat? Anda tidak membutuhkan kosmetik mahal atau pil ajaib. Pribadi yang sehat dan kuat dapat anda capai cukup dengan olahraga yang teratur. Tidak perlu olahraga berat dimana anda berkeringat berjam-jam mengangkat beban atau aerobik berat; olahraga ringan dan mudah seperti berjalan kaki dan peregangan pun dapat membantu. Yang anda butuhkan hanya dedikasi untuk meluangkan sedikit waktu dari kehidupan anda yang padat untuk menggerakkan tubuh anda dan tak lama anda akan merasakan manfaat yang diberikan oleh olahraga teratur.
Beberapa manfaat olahraga yang teratur adalah:

    • Membantu menjaga berat badanolahraga-membuat-orang-lebih-cerdas
      Semua orang tahu bahwa olahraga teratur membakar kalori dan bila anda membakar kalori berarti berat tubuh anda berkurang. Bahkan berjalan satu kilometer setiap hari berarti anda telah membakar 50 kalori. Anda akan terlihat segar dan cerah karena olahraga juga melancarkan sirkulasi darah anda.
    • Mencerahkan suasana hati Anda.
      Saat anda berolahraga, badan anda mengeluarkan endorphin, zat yang membuat kita lebih bahagia dan relaks. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga mengurangi depresi dan kegelisahan.
    • Mencegah Anda mudah sakit
      Olahraga teratur memiliki kemampuan meningkatkan ketahanan tubuh. Sistem ketahanan tubuh yang baik berarti memperkecil kemungkinan anda terkena pilek atau virus ringan lainnya.
    • Memberikan tulang dan sendi yang kuat
      Olahraga penguatan dan peregangan seperti mengangkat beban ringan dan yoga dapat menambah massa tulang, sehingga mengurangi kemungkinan anda terkena osteroporsis saat berusia lanjut, dan menambah fleksibilitas sendi.
    • Membantu Anda relaks
      Lima sampai enam jam sesudah anda berolahraga, suhu tubuh menurun. Efek ini, dikombinasi dengan efek endorphin yang didapat dari olahraga, dapat membantu anda tidur lebih pulas. Tidur yang baik dan lelap menyegarkan anda keesokan harinya
      .

Tentunya dengan rajin berolahraga, berarti sangat penting untuk tetap menjaga hidrasi tubuh dengan minum air putih sebelum berolahraga. Juga minumlah air saat anda berolahraga bila anda haus karena kehausan adalah tanda tubuh anda sedang mengalami dehidrasi ringan. Dan amatlah baik untuk mengakhiri setiap sesi olahraga anda dengan satu gelas besar air untuk menggantikan cairan yang terbuang lewat keringat dan membilas racun tubuh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s